KPCI 2016

Waaah… yang ditunggu para (calon) penulis cilik seluruh Indonesia akhirnya tiba juga, Kawan! Yups… KPCI 2016!

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerja sama dengan Penerbit Mizan menyelenggarakan Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar 2016.

Tema KPCI 2016 adalah:
DENGAN KARYA KREATIF, CIPTAKAN INDONESIA YANG CINTA DAMAI

Ada 5 jenis lomba:

  1. Lomba Cerpen Kategori Pemula
  2. Lomba Cerpen Kategori Penulis
  3. Lomba Cipta Syair
  4. Lomba Cipta Pantun
  5. Lomba Mendongeng

Persyaratan Pengiriman Karya untuk Semua Jenis Lomba:

  1. Peserta lomba adalah siswa Sekolah Dasar dan sederajat.
  2. Karya bertema “Dengan Karya Kreatif, Ciptakan Indonesia Yang Cinta Damai”.
  3. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  4. Tidak menghasilkan karya yang mengandung unsur SARA dan PORNeOGRAFI
  5. Hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan pada lomba yang sejenis.
  6. Naskah diketik menggunakan komputer pada kertas HVS ukuran A4, spasi 1,5, jenis huruf Times New Roman ukuran 12, margin 4-3-3-3 cm.

    CERPEN: membuat satu judul sepanjang 3-5 halaman.
    SYAIR: membuat satu judul syair.
    PANTUN: membuat lima pantun.
    DONGENG: mengirimkan CD berisi video peserta mendongeng dengan durasi 5 menit.

  7. Setiap karya harus disahkan keasliannya oleh Kepala Sekolah (distempel dan tanda tangan Kepala Sekolah).
  8. Pemenang lomba dan peserta yang terpilih akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Konferensi Penulis Cilik Indonesia mewakili daerahnya masing-masing, sekaligus pemberian penghargaan kepada para pemenang.
  9. Karya dikirim dua rangkap (sudah distempel dan tanda tangan Kepala Sekolah) disertai dengan fotokopi identitas diri (kartu pelajar dan biodata singkat; nama, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon/handphone, e-mail, nama dan alamat sekolah, kelas) ke Sekretariat Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2016, ke alamat:

    Direktur Pembinaan Sekolah Dasar
    u.p. Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik
    Gedung E, Lantai 17 Kemdikbud
    Jalan Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270

Beri keterangan lomba yang diikuti di sudut kiri atas amplop.
Contoh: KPCI – Lomba Dongeng

Pemenang akan diumumkan di acara KPCI 2016.
Berhadiah tabungan pendidikan, trofi, dan bingkisan menarik.

Karya diterima paling lambat 13 Agustus 2016 (Cap POS).

 

Syarat dan Ketentuan lengkap dapat diunduh pada link di bawah ini:

https://drive.google.com/file/d/0B3g6ieaVgkOsMGlzb1FhaWVBd0k/view?pref=2&pli=1

 

Sumber:

Facebook KECIL-KECIL PUNYA KARYA

Blog KPCI MIZAN 2016 

Thiamisu

 

Iklan

Apa Arti Menulis, Sih?

Kalian suka enggak, menulis? Kalau aku, ya, jelas suka. Terussss … apa itu menulis? Kata orang-orang, menulis adalah ….

~~~~

-Menulis itu hal yang menakjubkan, yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata
(Kak Dadan Ramadhan)

-Menulis itu menabung Ide
(Kak Andi Asfandiar)

-Menulis itu … MENYENANGKAN! Kita bisa menuliskan kata-kata yang ada dalam pikiran kita kita ke dalam tulisan (Nimas Aurafi Jannah)

-Penuangan ide imajinasi yang ada di dalam pikiran dituangkan menjadi bentu tulisan.
(Nathania Luvena Lais)

-Menulis? Pencurahan isi hati, pikiran, dan ide melalui kata-kata.
(Dinda Yuliani PS)

-Menulis adalah sebuah kegiatan yang dapat mengubah hidupku
(Dhara Rahayu Prasetyo)

-Menceritakan sesuatu lewat kata-kata
(Annisa Mahdi Sholeha)

-Menulis bagaikan duniaku
(Waffa)

-Menuliskan sesuatu dan tertarik dalam dunia yg ku tulis
(Ester Chaterine)

-Menulis itu, seperti kombinasi warna langit saat senja. Begitu menawan dan memanjakan mata, hingga tak bisa diungkapkan dengan kata-kata
(Muhamad Rafid Nadhif Risqullah)

-Menulis adalah tentang mengekspresikan apa yang tidak bisa kita lakukan dan jalani, dengan menulis segalanya menjadi mungkin, menulis itu adalah salah satu cara mengobat hati
( Kak Faisal  AS)
-Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menuangkan isi kepala ke dalam bentuk tulisan ….

(Fayanna)

-Menulis itu seperti menuangkan ide-ide kreatif dan ajaib hingga menciptakan sesuatu yang ajaib seperti menciptakan mantra dari tongkat sihir

(Vitta Annabelle)

-Menulis karena aku Suka
(Laksita Judith)

-Menulis itu menyenangkan
(Alifia ayu)

***
Nah … itu kata orang-orang di blognya Vena Sang Pecinta Buku.
Yuk-yuuuk … kita mulai menulis 😉 🙂 🙂 🙂

 

 

Ketentuan ARKI 2016

Halo …! Bertemu lagi dengan aku, Nimas! Apa kabar, bagi kakak-kakak? Semoga baik-baik aja, ya! Kan, mau ikut ARKI 2016 …. ARKI? Apa itu? Masa enggak tahu, sih? Ya sudah, aku kenalin, yaaaa. ARKI adalah singkatan dari Akademi Remaja Kreatif Indonesia. Hayooo, kakak-kakak pengin ikut, enggak? Kalo mau ikutan, baca ketentuannya di sini, yaaaaa …. Aku copas dari FP-nya Nuha Taqiyyah, Nuha copas dari FP-nya PBC, dan PBC copas dari Penerbit DAR! Mizan. Wkwkwk ….

A. LOMBA MENULIS CERITA PENDEK

Lomba menulis cerita pendek berbentuk fiksi. Siswa dapat menggali ide cerita berdasarkan kisah yang dialaminya maupun imajinasinya. Latar cerita mengangkat keseharian remaja.
1. Kriteria Penilaian
a. Kesesuaian isi dengan tema: Istimewanya Keluargaku
b. Struktur, pengisahan, dan bahasa:
− Terpenuhinya aspek struktur (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan teknik pengisahan
− Kekuatan pengisahan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia yang baik dan benar (diksi, kalimat, gaya bahasa).
− Kekuatan menghidupkan cerita.
− Isi:
ü Kesesuaian ide cerita dengan tema.
ü Makna dan/pesan yang disampaikan.
ü Nilai-nilai kehidupan/budaya yang ditawarkan.
− Keaslian dan kreativitas:
ü Keaslian dan kekhasan (unsur baru) isi cerita
ü Aspek lain yang memperlihatkan adanya inovasi
2. Persyaratan Karya
a. Karya cerpen diketik rapi dengan panjang antara 4 sampai 6 halaman, jarak 1,5 spasi, dengan jarak margin 4-3-3-3, jenis huruf Calibri atau Times New Roman, 12 pt.
b. Karya dikirim dalam bentuk print out dalam amplop tertutup.
c. Di sudut kiri amplop dituliskan “LOMBA MENULIS CERPEN”.
d. Naskah cerpen untuk penjurian tingkat nasional paling lambat diterima Panitia/Juri satu bulan sebelum pengumuman. Batas waktu penerimaan cap pos 30 Juni 2016.
e. Karya dikirim ke alamat Sekretariat ARKI, Jl. Cinambo 135 Cisaranten Wetan, Ujung Berung , Bandung 40294

B. LOMBA CIPTA SYAIR

Lomba menulis syair (puisi lama). Siswa dapat menggali ide syair berdasarkan kisah yang dialaminya maupun imajinasinya. Latar syair mengangkat keseharian remaja.
1. Kriteria Penilaian
a. Kesesuaian topik dan tema dengan isi. Tema: Kasih Sayang Keluarga.
b. Keindahan gaya bahasa (diksi, majas, dan rima).
c. Kedalaman makna dan manfaat (membentuk karakter).
d. Orisinalitas/keaslian karya (bukan plagiat).
e. Kreativitas (kekinian, keberbedaan, kefasihan).
2. Persyaratan Karya
a. Satu karya terdiri atas 5-10 bait.
b. Setiap karya dilengkapi dengan judul di bagian atas tengah kertas, serta nama siswa dan sekolah di pojok kanan bawah kertas.
c. Karya dikirimkan terketik rapi atau ditulis tangan dengan jarak margin 4-3-3-3, jenis huruf Calibri atau Times New Roman, 12 pt.
d. Karya dikirim dalam bentuk print out dalam amplop tertutup.
e. Di sudut kiri amplop dituliskan “LOMBA CIPTA SYAIR”.
f. Naskah syair untuk penjurian tingkat nasional paling lambat diterima Panitia/Juri satu bulan sebelum pengumuman. Batas waktu penerimaan cap pos 30 Juni 2016.
g. Karya syair yang dikirimkan memenuhi syarat-syarat syair:
− Satu bait terdiri atas 4 baris.
− Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata.
− Baris pertama, kedua, ketiga, dan keempat berbentuk isi syair.
− Dalam satu bait bersajak atau berima a-a-a-a.
h. Karya dikirim ke alamat Sekretariat ARKI, Jl. Cinambo 135 Cisaranten Wetan, Ujung Berung, Bandung 40294

C. LOMBA CIPTA KOMIK

Lomba menggambar komik strip. Siswa dapat menggali ide komik berdasarkan kisah yang dialaminya maupun imajinasinya. Latar cerita mengangkat keseharian remaja.
1. Kriteria Penilaian
a. Kesesuaian isi cerita dengan tema: Keluargaku Superhero.
b. Kualitas gambar dan panel komik.
c. Konsistensi penggambaran karakter.
d. Orisinalitas cerita dalam komik.
2. Persyaratan Karya
a. Komik dibuat sebanyak 6-8 halaman (termasuk cover judul).
b. Format hitam putih.
c. Isi komik tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
d. Komik digambar di media A4.
e. Karya orisinal, ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
f. Karya dikirim dalam amplop tertutup.
g. Di sudut kiri amplop dituliskan “LOMBA CIPTA KOMIK”.
h. Hasil karya komik untuk penjurian tingkat nasional paling lambat diterima Panitia/Juri satu bulan sebelum pengumuman. Batas waktu penerimaan cap pos 30 Juni 2016.
Karya dikirim ke alamat Sekretariat ARKI, Jl. Cinambo 135 Cisaranten Wetan, Ujung Berung, Bandung 40294

***

Nah, itu dia ketentuannya. Yuk, ikutan, Kakak-kakak! 🙂 + :)= 🙂 🙂 🙂

 

 

Kirim Naskah ke Travela, Yuk!

      Halo, teman-temaaan! Kali ini, aku akan posting cara kirim karya ke Travela. Buat kalian, yang sudah travel (perjalanan), kenapa enggak kalian tulis pengalaman itu lalu kirim ke Travela? Eittsss … jangan buru-buru dulu, ya, kirim naskahnya. Juga sama dengan KKPK, KKJD, dan PBC, harus ada persyaratannya.
       Ya udah, jangan banyak basa-basi lagi, baca aja postinganku ini, yach!
  Persyaratan:
  1.  Usia penulis Travela harus di bawah 12 tahun
  2. Jumlah hal. cerita minimal 45 halaman dan maksimal 50 halaman. Inget! Tidak termasuk file naskahnya, ya.)
  3. Disertai dengan foto-foto yang berhubungan dengan materi
  4. Karya harus karya asli, tidak boleh karya jiplakan
  5. Naskah tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan
  6. Disertai dengan biodata penulis lengkap
  7. Tema naskah adalah perjalanan yang mengandung informasi dan hal-hal unik tentang sebuah tempat
  8. Naskah dikirim melalui pos, bukan melalui e-mail dan Facebook
  9. Kirimkan ke: Redaksi Travela Penerbit Mizan: Jln. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan, Ujungberung, Bandung 40294

 

Teman-teman, caranya gampang, bukan? Kalau gampang, kirimkan naskahmu, yuk! Kalau masih bingung, tanyakan di komentar, ya!:)

Kirim Naskah KKJD (Kecil-Kecil Jadi Detektif), Yuk!

Pengin kirim naskah ke KKJD? Ikuti caraku ini, yaaa!
  

  1. Jumlah halaman cerita minimal 50, maksimal 60 halaman (tidak termasuk file naskah)
  2. Diketik di kertas A4, spasi 1,5, font Times New Roman 12 pt.
  3. Disertai file naskah
  4. Naskah dikirim melalui pos, bukan e-mail atau Facebook
  5. Naskah tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan), ketidaksopanan kepada orang lain, dan kekerasan
  6. Biodata lengkap Penulis (Nama, Alamat, E-mail, no. Telp., dll)
  7. Naskah harus bertema seputar misteri, detektif
  Kirimkan naskah KKJD kalian yang sudah di print dan dijilid rapi ke alamat:

Redaksi KKJD Penerbit Mizan Jl. Cinambo No 135 Cisaranten Wetan, Ujungberung, Bandung 40294

  Gampang banget, bukan …? Makanya, ayo tulis naskah KKJD kalian dan terbitkan!
  *Semoga bermanfaat, yaaa!

Kirim Naskah PBC (Pink Berry Club)

Hai, Guys! Apa kabar (semoga baik-baik aja)? Kalian pengin banget jadi penulis KKPK? Tapi umur kalian udah kelewatan? Nggak udah risau, deeeh! Kalian bisa kirim karya tulis kalian ke PBC (Pink Berry Club), kok.
      Ini dia, cara-caranya:
  1. Naskah 75-100 halaman, kertas A4, spasi 1.5 (hindari penggunaan font jenis Comic Sans)
  2. PBC tidak menerima naskah bertema Fantasi dan Romance
  3. Usia penulis PBC adalah 12-16 tahun
      Kirimkan naskah kalian yang sudah diketik dan dijilid rapi ke alamat Redaksi Mizan via pos, dilengkapi dengan:
  • Ucapan terima kasih
  • Biodata lengkap disertai no. telepon yang dapat dihubungi
  • Deskripsi tokoh
  • Naskah dalam bentuk digital
  • Foto tebaru pengarang yang paling keren, keren, dan kereeen
      Kalau sudah memenuhi syarat di atas, kirim naskah kalian ke:
 
Redaksi Pink Berry Club Mizan
Jalan Cinambo no. 135 
Cisaranten Wetan
Ujungberung, Bandung 40294
 
      Cepetan kirim, ya, Kakak-Kakak!:) +:) =:):)